Rabu, 22 Agustus 2018

Rabu, Agustus 22, 2018
0 Komen

Ruang Informasi Warga

I. PENDAHULUAN

إِنَّ الْحَمْدَ للهِ نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهُ وَنَعُوْذُ بِاللهِ مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا وَسَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَلاَ مُضِلَّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْهُ فَلاَ هَادِيَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّداً عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ.

Segala puji bagi Allah yang telah memberikan kemudahan dalam pelaksanaan pemotongan hewan qurban serta pendistribusian daging qurban sehingga berjalan dengan lancar sebagaimana mestinya. Namun demikian, masih tetap terdapat kekurangan disana-sini yang menjadi bahan evaluasi dan InsyaAllah diperbaiki dalam pelaksanaan kegiatan Idul Adha di tahun mendatang.

II. TUJUAN KEGIATAN

  1. Sebagai bentuk pelaksanaan syariat Islam dan realisasi dakwah dan syiar Islam.
  2. Sebagai sarana mempererat Silaturrahim dan Ukhuwah Islamiyyah.
  3. Menanamkan sikap kekeluargaan dan kepedulian sosial.
  4. Meringankan beban kaum dhuafa, berbagi rizqi dan kasih sayang terhadap sesama.

III. SASARAN KEGIATAN

Sasaran kegiatan ini adalah warga di sekitar lingkungan Perumahan Bojonggede Green Park, Desa Kedungwaringing, Kec. Bojonggede – Kab. Bogor.

IV. PELAKSANAAN KEGIATAN

Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 10 Dzulhijjah 1439 H yaitu pada hari Rabu, tanggal 22 Agustus 2018. Dilaksanakan di halaman Mushola Raudhatul Mukminin Perum Bojonggede Green Park.

V. PENYELENGGARA

Penyelenggara kegiatan ini adalah Panitia Idul Adha 1439 H Mushola Raudhatul Mukminin yang meliputi pengurus DKM, pengurus Paguyuban dan warga. Bertindak selaku Ketua Panitia Idul Qurban tahun ini adalah Bapak Budi Putra Lubis.

VI. DOKUMENTASI

Proses Penyembelihan Hewan Qurban

WhatsApp Image 2018-08-22 at 13.59.41WhatsApp Image 2018-08-22 at 14.01.07

Pemotongan Hewan Qurban

WhatsApp Image 2018-08-22 at 13.06.07WhatsApp Image 2018-08-22 at 13.05.52WhatsApp Image 2018-08-22 at 13.06.05

VII. EVALUASI

Kesempurnaan hanya milik Allah semata, tak ada gading yang tak retak. Pelaksanaan kegiatan Idul Adha Mushola Mushola Raudhatul Mukminin 1439 H secara umum berjalan dengan lancar, tepat waktu, aman dan terkendali, namun demikian tetap ada lubang-lubang yang menjadi bahan evaluasi agar pelaksanaan di masa yang akan datang menjadi lebih baik.

Adapun rincian evaluasi kegiatan ini adalah sebagai berikut :

  1. Perlunya penambahan alat-alat penyayatan kulit, dan pemotong daging/tulang.
  2. Seluruh pihak harus bersama-sama menjaga kebersihan lingkungan Mushola  karena banyak sampah, yang dibuang sembarangan sehabis makan. Finishing untuk pembersihan area pengolahan hewan qurban harus dilakukan bersama-sama.

VIII. LAPORAN pERTANGGUNGJAWABAN DANA QURBAN

WhatsApp Image 2018-08-30 at 17.34.18

IX. PENUTUP

Demikian laporan pertanggungjawaban ini kami susun, saran dan kritik yang membangun sangat kami nantikan. Semoga dengan laporan pertanggungjawaban ini dapat dijadikan bahan evaluasi dan acuan kegiatan di masa-masa mendatang serta kegiatan-kegiatan lain yang semisalnya.


Ruang Diskusi dan Komentar