Rabu, 16 Mei 2018

Rabu, Mei 16, 2018
0 Komen

Ruang Informasi Warga

Jalanan Mulus, Pengendara Ngebut, Jalan Berkelok Rawan Kecelakaan

Setelah beberapa tahun menderita jalanan rusak parah, kini warga desa kedung waringin bergembira, jalan raya tonjong sudah di beton dan mulus. Namun dampak lain dari jalanan mulus bebas lubang adalah pada ngebut dan ugal-ugalannya pengemudi kendaraan di jalan raya yang tidak seberapa lebar ini. Diatambah lagi adanya ruko yang terlalu menjorok ke tepi jalan dan jalanan berkelok membuat seringnya terjadi kecelakaan di depan jalan akses masuk perumahan Bojonggede Green Park.

Tercatat sudah terjadi beberapa kali kejadian tabrakan pengendara sepeda motor pada titik ruas jalan tepat di depan akses masuk perumahan Bojonggede Green Park. Jalan berkelok, blind spot karena adanya ruko-ruko kecil yang menjorok ke jalan sehingga jarak pandang tertutup dan ngebutnya pengendara membuat area ruas jalan ini semakin rawan kecelakaan.

Warga Bojonggede Green Park mengusulkan adanya polisi tidur

Kondisi yang rawan ini harus segera diatasi agar tidak menimbulkan korban lebih banyak dan tentunya warga juga ingin merasa aman ketika keluar masuk atau menyeberang jalan raya. Ilustrasi usulan pemasangan polisi tidur atau speed bumper adalah seperti gambar dibawah ini. Polisi tidur akan dibuat di dua sisi, di sisi kanan dan kiri gerbang perumahan.

Contoh Pemasangan Speed Bumper Standar SNI

Studi dan Langkah Antisipasi yang Dilakukan oleh Paguyuban BGGP

Pemasangan polisi tidur atau speed bumper bukanlah hal yang bisa dilakukan dengan sembarangan atau tanpa perijinan, dasar hukum dan kajian khusus, untuk itu pengurus membuat beberapa kajian sebagai berikut.

Polisi Tidur atau Speed Bumper harus aman untuk pengendara

Pemasangan polisi tidur di jalan raya umum bisa membuat aman namun juga bisa mencelakakan pengendara itu sendiri karena ketidak-tahuan adanya speed bumper sehingga terlempar dari kendaraannya, atau bentuknya yang tidak standar dapat merusak kolong kendaraan.

Polisi tidur atau  speed bumper harus sesuai standar yang dibuat oleh dinas perhubungan atau standar internasional, sehingga aman bagi pengendara dan mengamankan pengguna jalan lainnya. Polisi tidur atau speed bumper yang dipilih oleh pengurus adalah polisi tidur karet dengan spesifikasi seperti berikut:

06jb1380

Material karet, tidak cepat rusak atau berubah bentuk, warna terang sehingga dapat terlihat dari jarak pandang yang jauh oleh pengemudi, bentuk sesuai standar yang dibuat oleh dinas perhubungan dan internasional.

Ketentuan Teknis Polisi Tidur dengan Dasar Hukum Kepmenhub 3/1994

Solusi Polisi Tidur atau Speed Bumber di Jalanan Ramai 24 Jam

Untuk jalan raya tonjong yang selalu ramai 24 jam, sangat sulit memasang polisi tidur dari semen/cor, dibutuhkan alternatif polisi tidur yang instan, mudah dipasang dan cost efective. Proses perekatan ke jalan dapat dilakukan dengan dyna bolt (baut tanam) ataupun sikaflex (bahan perekat beton), sekali tempel langsung dapat dilewati sehingga tidak menimbulkan kemacetan yang panjang.

06jb1380_ol

Estimasi Biaya Sementara

Pada saat ini, harga polisi tidur karet kisaran 400 ribu per meternya, sehingga estimasi untuk jalan raya adalah 6 meter sehingga diperlukan dana sebesar Rp 2.400.000, belum termasuk biaya pemasangan dan biaya tambahan lainnya. Biaya lain-lain seperti material perekat atau dynabolt dan pemasangan estimasi kisaran satu juta.

Peraturan dan Perijinan Pemasangan Polisi Tidur

Pada jalan raya umum, warga tidak dapat sembarangan membuat atau memasang polisi tidur, harus ada perijinan dari pemerintah daerah setempat. Untuk saat ini, pengurus masih belum mengetahui bagaimana proses perijinan pemasangan polisi tidur di wilayah Kedung Waringin, Bojonggede – Jawa Barat.

0_0_1200_1200_b9b64b4be6e85db102f7dc0ee8e74836ce8008ca

Pemasangan Rambu Polisi Tidur

Sesuai peraturan kepmenhub, pemasangan polisi tidur wajib disertakan dengan rambu-rambu yang menunjukkan adanya polisi tidur di depan.

Relokasi Safety Mirror Agar Tepat Guna

Beruntung berkat kerja keras pengurus sebelumnya kita memiliki safety mirror dari developer perumahan, hanya saja dengan adanya dua ruko, yang menjorok ke jalan, di kanan kiri akses masuk perumahan dan perombakan bentuk gerbang membuatnya menjadi tak berfungsi. Untuk memaksimalkan fungsinya, safety mirror ini harus direlokasi agar tepat guna.

Jajak Pendapat Warga

Sebelum melangkah lebih dalam, pengurus wajib mensinkronkan pemikiran antara pengurus dengan warga, baik dalam hal alokasi dana (yang tidak sedikit) dan proses perijinan yang akan melibatkan warga nantinya. Silakan vote pendapat anda tentang program ini dan berikan saran/komentar Bapak-Ibu di kolom komentar dibawah.

bike trails

Usulan Opsi Alternatif Lainnya

Apabila pemasangan polisi tidur atau speed bumper terlalu berat di anggaran dana ada juga usulan dari pengurus untuk pembuatan zebra cross dan warning light, dimana anggaran tidak terlalu berat dan perijinan tidak terlalu menjadi masalah.


Ruang Diskusi dan Komentar