Minggu, 03 Juni 2018

Minggu, Juni 03, 2018
0 Komen

Ruang Informasi Warga

Ini merupakan informasi/laporan kegiatan pemasangan CCTV-Tahap 1 (tahap awal) pada perumahan Bojonggede Green Park. Instalasi dilakukan secara swadaya & gotong-royong oleh warga melalui kerja bakti pada hari Minggu 03 Juni 2018 07:30-11:50.

CCTV di Main Entrance Perum BGGP

Latar Belakang Eksekusi Program Pemasangan CCTV

Merujuk pada hasil:

  1. Hasil Kuesioner Online – Paguyuban BGGP 2018, Maret 2018, banyak warga mengusulkan pemasangan CCTV dan penambahan kawat berduri pada pagar pembatas perumahan.
  2. Kuesioner: Instalasi CCTV Pada Entrance Gate Perumahan, 24 April 2018, sebagai tindak-lanjut penyaluran aspirasi warga dengan pemaparan konsep dan voting online persetujuan warga.
  3. Rapat Warga 06 Mei 2018, sebagai tindak-lanjut kedua agar didapati kesepakatan yang solid dari seluruh warga. Diharapkan dengan adanya beberapa kali sinkronisasi pemikiran, tidak terjadi kesalah-pahaman atau ketidak-sepakatan yang terjadi pada saat eksekusi program pemasangan CCTV secara swadaya ini. Meski demikian, masih ada warga yang tidak mengetahui proses panjang ini dan menyatakan aspirasi (saran & kritiknya) saat eksekusi instalasi berlangsung. Hal ini mungkin dikarenakan masih banyak warga yang belum mengikuti kegiatan paguyuban melalui website ini ataupun memang tidak hadir pada saat rapat warga pada tanggal 06 Mei 2018.

Paket CCTV yang diorder

Paket CCTV yang dibeli adalah paket CCTV dengan 2 kamera outdoor resolusi HD 2MP, satu buah DVR 4CH komplit dengan Harddisk 500GB dan kesemuanya menggunakan merk Hikvision dengan garansi 2 tahun. Harga keseluruhan adalah 1.950.000 + Unique Code. Untuk kwitansi tersedia dan telah dibukukan pada buku besar laporan kas BBGP.

image

Berikut ini adalah foto perangkat CCTV (DVR Hikvision 7200, 2 Kamera outdoor Turbo HD) lengkap dengan kabel dan adaptornya. Kamera Turbo HD satu lagi merupakan hasil sumbangsih warga, sehingga pada tahap ini, kita memiliki tiga titik instalasi kamera CCTV.

image

Titik Pemasangan Kamera CCTV

Dua titik di Pos Jaga, Mengarah ke dalam dan luar

Untuk penempatan posisi kamera pengawas, sesuai dengan kesepakatan warga dengan budget yang ada, disepakati titiknya adalah di pos jaga sisi dalam agar tidak dapat dijangkau orang dari luar saat pagar ditutup. Kamera satu titik mengarah ke arah luar namun pintu gerbang tetap terpantau, sehingga siapa saja yang membuka pintu gerbang dapat diketahui dan terekam oleh CCTV. Kamera satu lagi, dipasang menghadap ke dalam perumahan sehingga terlihat siapa saja yang keluar/masuk perumahan. Pemasangan kamera CCTV di pos jaga sebanyak dua titik kamera sesuai budget yang dimiliki oleh Paguyuban saat ini dan sesuai dengan kesepakatan warga yang hadir dalam rapat warga 06 Mei 2018 dan atau yang mengisi kuesioner persetujuan di website ini (pada halaman: Kuesioner Instalasi CCTV Pada Entrance Gate Perumahan).

Hasil Voting Warga

Berikut adalah foto hasil pemasangan CCTV di pos security. Posisi penempatan kamera CCTV disini merupakan hasil rembugan bersama dengan seluruh warga yang berpartisipasi aktif dalam kegiatan kerja bakti ini. Dimana posisinya ditentukan dari banyak aspek dan pertimbangan serta sudut angle view pada saat setting kamera.

P_20180603_162138P_20180603_162158image

Satu Titik di Perempatan depan mushola, Sumbangsih Warga

Titik ini merupakan sumbangsih warga untuk perumahan, sesuai kesepakatan pada saat rapat warga, warga dapat secara kolektif per blok atau gabungan, menyumbang kamera berikut dengan aksesories dan kabelnya untuk menambah titik pemantauan ke arah blok warga yang bersangkutan. Kamera ini dipasang pada tiang listrik di depan halaman mushola, menghadap ke jalanan perumahan ke arah timur.

image

Rencana Tambahan Satu Titik Baru, Sumbangsih Warga

Selain ketiga kamera diatas, ada rencana tambahan satu kamera lagi yang merupakan sumbangsih dari warga, namun pada saat kerja bakti ini berlangsung, kamera tersebut belum ada sehingga masih belum terpasang hingga saat informasi ini dipublish.

Instalasi CCTV Secara Gotong-Royong, Kekeluargaan dan Bahu Membahu

Semangat kekeluargaan, gotong royong dan bahu-membahu antar warga demi kepentingan bersama ini begitu nyata, bukan hanya sekedar jargon atau retorika semata. Meski di tengah kondisi terik mentari dan seluruh warga yang berpartisipasi aktif dalam kerja bakti ini tengah manjalankan ibadah puasa ramadhan, semuanya tetap semangat bersatu bahu-membahu sampai tuntas dan tidak kendor sedikitpun.

Inilah interaksi sosial yang baik, semangat kekeluargaan yang sebenarnya, yang tidak hanya diucapkan di mulut saja, tetapi bersumber dari dalam hati, mengalir ke dalam pikiran yang kemudian dituangkan dalam bentuk aktivitas kerjasama yang baik sekali dengan menghilangkan seluruh ego pribadi, rasa ingin tampil menonjol ataupun perasaan ingin menang sendiri. Dari seluruh warga yang hadir dalam kerja bakti, semuanya satu rasa satu tujuan, untuk kepentingan dan kebaikan bersama.

Warga membawa seluruh peralatan yang diperlukan seperti tangga, mesin bor, martil, betel, tang dan lain sebagainya secara sukarela dan sukacita.

imageimage

Berkat kerjasama antar warga yang baik sekali (dari seluruh warga yang berpartisipasi aktif dalam kerja bakti kali ini), akhirnya CCTV di perumahan Bojonggede Green park pun sudah aktif dan langsung beroperasi pada siang hari itu juga.

imageUntuk sementara ini, CCTV belum memiliki monitor khusus, sehingga memanfaatkan TV yang ada di pos jaga sebagai monitor untuk setting arah kamera. Kekurangan penggunaan TV di pos jaga adalah ukuran TV yang kecil dan resolusi gambar yang terlalu kecil sehingga gambar tidak begitu jelas, padahal sistem CCTV sudah full HD. Diharapkan nantinya dapat terkumpul dana dan bisa terpenuhi kebutuhan layar monitor CCTV ini dengan membeli monitor komputer atau TV LCD/LED yang memiliki resolusi full HD sehingga fungsi CCTV menjadi maksimal. Dan tentunya semua ini harus dilakukan secara bertahap dan tidak memaksakan diri karena keterbatasan dana kas.

WhatsApp Image 2018-06-03 at 16.32.59

Briefing Teknis Pemasangan CCTV oleh Ketua Paguyuban

Sebelum memulai instalasi pemasangan CCTV, warga yang hadir di-briefing terlebih dahulu mulai dari pengenalan alat, cara kerja, fungsi masing-masing komponen/aksesories, dan bagaimana cara memasangnya.

image

Warga juga di-briefing bagaimana cara pemasangan CCTV sendiri di rumah, kisi-kisi rentang harga, kualitas dan kebutuhan pemantauan via smartphone. Warga yang tertarik dan berencana memasang sendiri CCTV di rumah juga dipersilakan apabila ingin konsultasi lebih lanjut. Daripada menggunakan jasa tukang CCTV yang mahal, apabila dapat dikerjakan sendiri secara gotong-royong maka hasilnya akan jauh lebih baik, lebih murah dan warga sendiri juga menjadi lebih paham sehingga dapat me-maintain peralatan CCTV sendiri.

Poin yang ingin dicapai paguyuban disini adalah terciptanya kembali rasa gotong-royong, bahu-membahu dan persatuan antar warga. Semakin kuat persatuan warga, saling berinteraksi sosial, tegur-sapa yang santun, tolong-menolong, maka akan dengan mudah mengenali orang asing sehingga akan semakin sulit bagi pihak luar yang ingin berniat jahat untuk beraksi.

image

Itulah rangkaian agenda kerja bakti pada hari minggu pagi, 03 Juni 2018, yang penuh keseruan, senda gurau, saling ngobrol, saling mengenal lebih dekat, saling kerjasama, sharing ilmu. Alhamdulillah, puji syukur kepada Tuhan YME, saat ini kita telah sukses dalam agenda pemasangan CCTV di perumahan ini secara gotong-royong.


Ruang Diskusi dan Komentar