Senin, 11 Juni 2018

Senin, Juni 11, 2018
0 Komen

Ruang Informasi Warga

Sebulan lamanya putra-putri kita dengan penuh semangat dan antusias menjalani misi-misi pada buku Ramadhan Anak Hebat seperti yang telah dijelaskan sebelumnya pada posting Ramadhan “Anak Hebat” Bojonggede Green Park 2018.

Misi Pembentukan Karakter Sosial

Semua misi yang ada di dalam buku ini tidak lain adalah sebuah upaya pembinaan dan pendidikan anak agar terbentuk karakter sosial yang baik dan beradab, ringan tangan bergotong-royong, konsisten dan rela berkorban untuk kemaslahatan umat manusia.

Misi Sedekah Harian

Misi ketiga dalam buku misi tersebut adalah Misi Sedekah Harian, dimana disini putra-putri diajarkan untuk rajin menabung dan ikhlas berkorban untuk orang lain, belajar bersedekah jariyah secara rutin yang pahalanya akan mengalir terus, seperti halnya untuk biaya pendidikan anak yatim dhuafa.

Misi Sedekah Harian

Setiap hari putra-putri BGGP menyisihkan uang jajan mereka selama ramadhan untuk ditabung dalam botol/kardus bekas, agar semangat mengisinya botol ini dihias sesuai kreasi masing-masing anak. Setelah uang sedekah terkumpul, kemudian uang hasil menabung ini disedekahkan untuk biaya pendidikan anak yatim dhuafa melalui Pondok Pesantren Penghafal Quran Nahwanur.

Image result for pesantren nahwanur

Foto Dokumentasi Serah Terima Tabungan Sedekah

Berikut ini adalah Foto-foto Serah Terima Secara Simbolis dari Putra-Putri BGGP ke Ponpes Penghafal Quran Nahwanur, dikarenakan jadwal kegiatan yang begitu padat dan tidak semua anak berada di tempat pada waktu itu, maka kegiatan serah-terima sedekah ini diwakilkan ke beberapa putra-putri BGGP yang ada di tempat.

P_20180611_133602P_20180611_133630P_20180611_133656

Tak terbayang berapa besar pahala dan keberkahan yang akan diraih oleh putra-putri kita, terlebih uang yang terkumpul sebulan lamanya ini disedekahkan untuk pendidikan anak yatim dhuafa. Ponpes Nahwanur adalah pondok pesantren penghafal Quran yang dilengkapi dengan asrama, semuanya gratis khusus untuk anak yatim dhuafa yang tidak bisa bersekolah dan berkekurangan.

Setiap huruf Al Quran yang dibaca dan dihafal berulang-ulang menghasilkan banyak kebaikan, setelah lulus mereka bisa menjadi imam di masjid-masjid dan menjadi guru atau ustadz, melahirkan anak-anak yang penghafal Quran juga, maka tidak dapat dibayangkan begitu besar dan luasnya kebaikan dan keberkahan yang dihasilkan.

Dan semua pahala kebaikan dan keberkahannya akan tertuju kepada putra-putri kita, yang tentunya akan mengalir juga kepada orang-tuanya dan secara tidak langsung akan menambah keberkahan lingkungan perumahan BGGP ini. Meskipun uang jajan sebulan habis disedekahkan, tetapi putra-putri kita akan menyadari bahwa tidak ada yang berkurang karenanya, justru malah bertambah dan bertumbuh, inilah yang dinamakan berkah.

Apa itu keberkahan?

Keberkahan artinya pertambahan dan pertumbuhan. Wujudnya bisa bermacam-macam. Misalnya, pekerjaan beres, produktivitas meningkat, keuntungan bertambah, kesehatan terjaga dan seterusnya.

Mungkin kita pernah mendengar tentang orang yang stress? Atau orang yang sedang kebingungan mencari inspirasi? Atau orang yang kesulitan menyelesaikan pekerjaannya? Atau orang yang waktunya habis sia-sia tanpa produktivitas? Itu adalah bentuk-bentuk kehilangan umur yang disebabkan tidak berkahnya waktu.

Dokumentasi Misi Harian Lainnya

Misi-misi lainnya yang telah dijalankan oleh putra-putri BGGP dalam rangkaian misi Ramadhan Anak Hebat 2018:

Misi Tarawih

Hingga H-3 menjelang lebaran Idul Fitri 1439H, anak-anak masih tetap semangat menjalankan ibadah sholat tarawih secara berjamaah di mushola BGGP. Dimana tahun-tahun sebelumnya mushola sudah sepi jamaah, terutama anak-anak, namun pada tahun ini jamaah cukup banyak dan diantaranya adalah anak-anak yang terus konsisten menjalankan ibadah sholat tarawih berjamaah di mushola.

P_20180525_203105

Misi Cinta Mushola

Sebelum dan seusai sholat tarawih berjamaah di mushola, anak-anak begitu rajin dan semangat gotong-royong dalam menggelar dan menggulung karpet mushola. Selain menggulung karpet, beberapa anak juga berinisiatif menyapu dan mengepel mushola secara bergantian dan sukarela. Rutinitas ini terus berlangsung dari awal ramadhan sampai sekarang, H-3 menjelang lebaran. Posting kegiatan: “Anak-Anak Hebat” Bersemangat Merapihkan Mushola Selesai Sholat Tarawih

P_20180525_203159P_20180525_203245

Misi Tidak Berhenti Sampai Disini

Meski misi-misi telah diselesaikan dan Ramadhan pun telah berlalu, namun kami tetap berharap proses pendidikan karakter ini dapat terus berlanjut dan kembali kita gelorakan pada Ramadhan tahun depan. Semoga pada tahun-tahun mendatang, kolaborasi antar-warga dapat ditingkatkan khususnya dalam bidang pendidikan anak, sehinga kegiatan seperti ini bisa lebih semarak, lebih banyak anak yang ikut, lebih banyak warga yang terlibat, sehingga akan penuh keseruan di tahun-tahun berikutnya. –pen


Ruang Diskusi dan Komentar