Selasa, 24 April 2018

Selasa, April 24, 2018
0 Komen

Ruang Informasi Warga

CCTV untuk Perumahan

Latar Belakang

Sebentar lagi kita akan memasuki masa mudik lebaran dimana hampir seluruh warga bepergian keluar kota menuju kampung halaman masing-masing, dan meninggalkan rumah dalam keadaan kosong. Masa selama beberapa minggu sebelum lebaran adalah kondisi paling sibuk bagi sebagian besar warga dan beberapa minggu setelahnya adalah kondisi paling lengang di perumahan Bojonggede Green Park. Kondisi seperti ini adalah titik rawan yang dapat dimanfaatkan oleh pelaku kejahatan perorangan ataupun kelompok.

Untuk mengantisipasi dan meningkatkan rasa aman bagi warga, pengurus akan mengupayakan adanya instalasi CCTV di perumahan secara berkala dengan kehandalan terbaik. Dimana perumahan kita termasuk yang tertinggal dalam hal instalasi CCTV untuk peningkatan sistem keamanan. Perumahan-perumahan lainnya seperti: Sentra Waringin, Transboge Village dan perumahan-perumahan tetangga lainnya sudah lama memasang CCTV di perumahannya.

Rencana Awal Pemasangan

Rencana pemasangan pertama adalah sebagai base yang dapat di-expand sewaktu-waktu dengan menambah jumlah kameranya saja. Pemasangan ini dimulai dari titik pintu masuk dan keluar perumahan dengan memasang 2 kamera Analog High Definition (AHD), dimana CCTV akan memantau seluruh aktifitas yang ada di entrance gate perumahan dalam segala kondisi baik terang ataupun gelap gulita secara 24 jam non-stop.

Tingginya Request Pemasangan CCTV di Perumahan

Dari kuesioner online yang telah dipublish dan didokumentasikan sebelumnya, didapati sebanyak 61.9% responden mengusulkan pemasangan CCTV di perumahan Bojonggede Green Park. Dari hasil kuesioner inilah yang akan menjadi dasar bagi pengurus untuk bergerak untuk memajukan perumahan namun tetap selaras, seiring dan sejalan dengan kehendak warga.

Usulan Pemasangan CCTV oleh Warga

Ingin Melihat Hasil Kuesioner Warga Lebih Lengkap? [klik disini]

Apa Manfaat Pemasangan CCTV?

  1. Pemantauan/Monitoring, dengan adanya CCTV akan mempermudah pemantauan perumahan setiap saat. Dimana sekarang kita juga sudah dapat melakukan pemantauan CCTV dari jarak jauh dengan smartphone kita via koneksi internet. Dengan kamera CCTV, segala aktifitas yang terjadi di perumahan dapat dipantau dan direkam 24-jam non-stop.
  2. Pencegahan/Deterance, dengan adanya CCTV akan membuat pelaku kejahatan berfikir dua kali untuk melakukan niat jahatnya atau bahkan mengurungkan niatnya. Karena dengan adanya kamera CCTV pelaku kejahatan tersebut akan mudah untuk ditangkap meski beraksi pada malam hari sekalipun.
  3. Penyelidikan/Investigation, dengan adanya CCTV akan mempermudah proses penyelidikan dari sebuah perkara kriminalitas yang terjadi. Atau dapat juga digunakan sebagai alat untuk menyelidiki kinerja petugas keamanan.
  4. Barang Bukti/Evidence, dengan adanya CCTV yang merekam kejadian sebenar-benarnya/real 24-jam non-stop maka akan dihasilkan sebuah barang bukti rekaman yang kuat dan tidak dapat disangkal-sangkal lagi.
  5. Keamanan dan Keselamatan / Security & Safety, dengan adanya CCTV yang lengkap, fungsi pengawasan keamanan dan keselamatan warga akan menjadi maksimal. Memantau segala aktifitas mencurigakan atau membahayakan keselamatan dan keamanan warga.
  6. Manfaat tambahan bagi warga yang memasang CCTV sendiri di rumah adalah dapat memantau kondisi rumah kapan saja dan dimana saja melalui smartphone via koneksi internet, bahkan bisa melepas rasa kangen dengan menatap seluruh anggota keluarga melalui aplikasi CCTV online.

Rencana Pemasangan CCTV di Entrance Gate / Pos Pintu Masuk Perumahan

Untuk pemasangan awal sistem CCTV professional, kamera CCTV tidak dapat berdiri sendiri, dia harus memiliki induk sebagai kolektor dan penyimpan video, alatnya dinamakan dengan DVR (Digital Video Recorder). DVR ini memiliki harddisk dengan kapasitar besar yang memungkinkan perekaman video dengan durasi beberapa minggu atau bulan. DVR ini dapat menerima signal dari beberapa kamera sekaligus, jumlah kamera dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Untuk saat ini kamera yang akan dipasang adalah dua, satu mengarah ke pintu masuk perumahan dan satu lagi mengarah ke pintu keluar perumahan.

Contoh Rencana Pemasangan Kamera CCTV di Pos

Jpeg

Spesifikasi Camera dan DVR yang Akan Dipasang

  • 1 Unit DVR minimal 4 Channel, Kapasitas Harddisk minimal 320GB, Recomended Brand: Hikvision/Avtech. Harga pasaran DVR Rp 900 ribu, Harddisk Rp 330 ribu
  • 2 Unit Camera Outdoor, 1.3MP 720p minimal, Recomended Brand: Hikvision/Avtech. Harga pasaran Rp 300 ribu x 2 unit = Rp 600 ribu
  • Kabel CCTV Rp 25 ribu x 2, adaptor CCTV Rp 32 ribu x 2, kabel RCA Rp 7 ribu, BNC connector Rp 5 ribu x 2, mouse Rp 20 ribu dan lain-lain. Total Rp 151 ribu.
  • Estimasi total biaya peralatan CCTV (Hikvision) adalah Rp 1.981.000

Budget Yang Dianggarkan Paguyuban

Untuk pengadaan CCTV, paguyuban menganggarkan dana 1,5-2 juta rupiah. Untuk brand ternama seperti Hikvision beberapa waktu yang lalu masih dapat kisaran harga 1.5 juta-an, namun untuk kondisi saat ini harga sudah berubah menjadi 2 jutaan lebih untuk satu paket minimalisnya. Apabila budget dengan pasar tidak match, maka akan diambil jalan dengan menurunkan spesifikasi DVR atau Kamera, yang tadinya branded menjadi non brand. Namun pengurus tetap berharap dan berusaha keras agar mendapatkan CCTV dengan kualitas yang baik dan tahan lama.

Warga tentunya tidak dipungut biaya/iuran lagi untuk program pengadaan CCTV ini, namun juga tidak menutup kemungkinan apabila ada warga yang ingin menyumbang secara individu dan sukarela berapapun jumlahnya, pengurus akan sangat berterima-kasih sekali, sehingga kita dapatkan sistem CCTV kualitas terbaik.

Pengerjaan Instalasi CCTV Secara Gotong Royong dan Sharing Ilmu

Proses pengerjaan instalasi CCTV akan dikerjakan secara gotong-royong melalui kerja bakti rutin. Sebelum memulai acara instalasi, warga akan di-briefing bagaimana tata cara instalasi CCTV sendiri di rumah sehingga warga memperoleh benefit lebih dari kegiatan kerja bakti ini. Selesai acara, warga dapat memasang CCTV sendiri di rumah, tempat usaha atau tempat kerja masing-masing. Dimana apabila instalasi ini dikerjakan oleh penjual CCTV maka harganya akan dua kali lipat atau lebih mahalnya. Rata-rata penjual CCTV menawarkan harga 4 juta sampai 8 juta belum dengan ongkosnya.

Smart warganya, maju perumahannya, bahagia semuanya...

Apakah Ada Biaya Perawatan Bulanan Setelah CCTV Terpasang?

Pada dasarnya CCTV yang akan dipasang diawal ini adalah sebagai blackbox dan tanpa TV monitor khusus. CCTV akan merekam segala aktifitas ke Harddisk non-stop, apabila penuh maka secara otomatis rekaman yang terdahulu akan ditiban atau overwrite dengan rekaman baru, dan ini berjalan dengan sendirinya pada DVR. Disini CCTV akan merekam seluruh peristiwa selama beberapa minggu atau bulan bergantung kapasitas harddisk. Apabila ada kejadian, maka pengurus dapat membuka dan mendownload rekaman CCTV dengan media TV yang sudah ada di pos satpam, sehingga prosesnya mirip blackbox di pesawat. Dengan sistem seperti ini, pada kondisi normal, maka tidak ada aktifitas ataupun biaya bulanan yang menjadi beban.

Rencana Jangka Panjang

Apabila base CCTV tersebut diatas sudah terpasang, maka akan dengan mudah mengembangkan sistem CCTV yang dapat memantau perumahan secara luas dengan menambah beberapa kamera di titik tengah perumahan disusul beberapa titik lainnya. Apabila kamera-kamera CCTV yang berada di titik tengah atau sudut-sudut perumahan dan jauh dari pos satpam tersebut sudah terpasang, maka disini baru diperlukan layar monitor khusus CCTV untuk pemantauan CCTV dari pos satpam. Tentunya semua ini digarap secara berkala dan sesuai kebutuhan dan skala prioritas yang ada sehingga tidak memberatkan warga atau pengurus itu sendiri.

Voting Warga: Setuju X Tidak

image

Sekaranglah waktunya anda memutuskan program ini apakah layak untuk dijalankan atau tidak. Silakan tekan tombol Setuju jika ingin program ini dijalankan dan tekan Tidak Setuju apabila anda tidak ingin program ini dijalankan. Pengurus sangat menghormati dan menjunjung tinggi aspirasi dan masukan warga tanpa terkecuali, jadi bapak-ibu jangan pernah ragu untuk vote atau kirim saran, kritik dan masukannya kepada kami.


Ruang Diskusi dan Komentar