Rabu, 04 April 2018

Rabu, April 04, 2018
0 Komen

Ruang Informasi Warga

Latar Belakang

Berikut adalah foto-foto kondisi pagar pembatas dan tebing di perumahan kita saat ini, sudah ditumbuhi tanaman liar (semak belukar dan beberapa adalah pohon-pohon besar yang rumbuh di dinding penahan tanah) dan sudah merajalela. Hal yang paling dikhawatirkan adalah akar tanaman membesar dan menyebabkan keretakan dinding penahan tanah (retaining wall atau turap), dimana perumahan kita memiliki sisi tebing tanah tinggi yang ditahan oleh turap/dinding penahan tanah disini. Selain itu, potensi lain adalah rusaknya struktur dan lapuknya bebatuan turap/dinding penahan tanah yang berpotensi ambrol atau longsor, terutama rumah yang berdekatan dengan turap/retaining wall tersebut, jika dibiarkan terus-menerus.

Usaha Antisipasi dan Penanganan

Untuk segera mengantisipasinya, pengurus mengusulkan pembabatan tanaman liar yang ada di dinding pembatas ditambah (Blok D sampai Blok G) dengan usaha pencegahan tumbuh kembali dengan penyemprotan herbisida. Pembabatan ini akan diborongkan ke tukang sampai bersih (karena masuk faktor resiko tinggi untuk di kerja-baktikan), termasuk dengan biaya pembuangan sampahnya sekaligus. Biaya pembersihan setelah beberapa kali dilakukan negosiasi, dari dua pihak yang berbeda:

  • Pak Nasir, penjaga kebun di bawah, net di harga satu juta rupiah, tidak mau kurang lagi.
  • Pak Andu, penjaga sekolah/madarasah di bawah, minta 1.2 juta dan mentok di harga satu juta rupiah, tidak mau kurang lagi.
  • Selain itu juga sudah ditawarkan ke beberapa orang seperti pak Nares, bang Ari dan beberapa orang sekitar kebanyakan tidak sanggup membabat sekaligus membuang sampahnya karena lokasi yang bukan wilayahnya.

Foto Kondisi Terkini

Turap/dinding penahan tanah sudah tidak terlihat lagi karena tertutupi seluruhnya oleh tanaman liar, bahkan beberapa tanaman sudah menjamah pagar (selain berpotensi merusak turap, tanaman liar juga berpotensi menjadi sarang atau jalur ular masuk ke perumahan).

Turap/dinding penahan tanah sudah banyak ditumbuhi pohon-pohon besar

P_20180407_094354

Medan yang sulit, antara  dua pagar berbeda elevasi ketinggian dan ditengahnya adalah sungai

P_20180407_095713

kondisi turap/dinding penahan tanah dan pagar perum-bggp dipenuhi tanaman liarkondisi turap/dinding penahan tanah dan pagar perum-bggp dipenuhi tanaman liar

kondisi turap/dinding penahan tanah dan pagar perum-bggp dipenuhi tanaman liarkondisi turap/dinding penahan tanah dan pagar perum-bggp dipenuhi tanaman liarkondisi turap/dinding penahan tanah dan pagar perum-bggp dipenuhi tanaman liarkondisi turap/dinding penahan tanah dan pagar perum-bggp dipenuhi tanaman liar

kondisi turap/dinding penahan tanah dan pagar perum-bggp dipenuhi tanaman liarkondisi turap/dinding penahan tanah dan pagar perum-bggp dipenuhi tanaman liar

Permohonan Persetujuan Warga

Dengan ini kami meminta persetujuan warga untuk menggunakan dana kas warga untuk keperluan pembabatan/pembersihan tanaman liar diatas. Apabila sebagian besar warga menyetujuinya, maka program pembabatan tanaman liar yang berpotensi merusak turap/dinding penahan tanah perumahan dapat segera di-eksekusi.

Tekan tombol dibawah apabila anda menyetujui program ini. Apabila anda memiliki masukan atau ide atau punya kenalan tukang borongan yang lebih murah, silakan tuliskan di kolom diskusi dibawah.


Ruang Diskusi dan Komentar