Rabu, 11 April 2018

Rabu, April 11, 2018
0 Komen

Ruang Informasi Warga

KerBakti Apr 2018

Latar Belakang

Menanamkan ke anak benih jiwa sosial, jiwa calon-calon pemimpin atau agen pembawa perubahan masa depan yang lebih baik bukanlah hal yang mudah dan akan terasa sangat berat jika dipikul sendirian, harus dilakukan secara kolektif dan bersinergi. Sudah menjadi rahasia umum bahwa merusak lebih mudah dan cepat daripada membangun, dan untuk membangun dibutuhkan kesabaran dan banyak tenaga yang saling mengisi.

Sebagai contoh, hanya dengan satu pengaruh teman pengguna narkoba maka anak akan ketularan narkoba. Namun usaha untuk menyelamatkan anak dari pengaruh narkoba tidak cukup dengan peran orang-tua saja. Dibutuhkan peran sebuah society dengan iklim budaya sehat dan bebas narkoba, kampanye positif, pengawasan kolektif, dan memacu anak agar lebih sibuk mengikuti kegiatan-kegiatan positif sehingga tidak terjerumus bisikan jahat yang merusak.

Society beriklim baik hanya akan tercipta bila ada interaksi sosial yang baik juga disana, interaksi sosial sesama manusia yang saling ketergantungan, saling menyelamatkan dan saling menjaga satu dengan lainnya. Interaksi sosial yang baik hanya akan terwujud apabila setiap individu melakukan sinkronisasi pikiran dengan komunitasnya, menghilangkan sifat acuh tak acuh (apathy), lebih peduli, partisipasi aktif menyumbangkan pikiran/tenaga dan melawan ego demi kebaikan bersama sehingga tercipta sinkronisasi energy (sinergi) masyarakat dengan iklim yang baik.

Untuk itu pengurus sebagai organisator harus menyiapkan sebuah metode pembinaan generasi muda BGGP dengan melibatkan putra-putri dalam segala ajang kegiatan kemasyarakatan yang positif dan memacu interaksi sosial yang baik, salah satunya adalah pelibatan putra-putri dalam kegiatan kerja bakti dalam bentuk game yang seru dan ada reward-nya. Dan sesuai dengan tema kita, Hari Kerja Bakti = Hari Keluarga Besar BGGP, disini yang utama adalah kerjasama dan interaksi sosial (ngobrol, bercanda dan sharing informasi). Selain itu, kita juga akan libatkan ayah, anak dan bunda dalam part kerja bakti sesuai dengan task masing-masing.

reward

Dari kegiatan ini diharapkan warga menjadi lebih akrab lagi, sehingga apabila terjadi (semoga jangan) kondisi-kondisi kritis dalam diri seorang warga, warga yang lain dengan mudah dan tanpa canggung untuk mengerahkan segala daya upaya untuk memberikan pertolongan secepatnya. Mudah dalam mengumpulkan/evakuasi warga apabila terjadi bencana alam, dan society yang kompak dan solid akan sulit untuk disisipi atau dimasuki penjahat.

Jadi, Jangan lewatkan keseruan kerja bakti bersama keluarga, dan ajak/bujuk putra-putri untuk mengikuti ajang ini karena akan ada reward/hadiah menarik disana.

- Sesuatu Yang Hebat Dimulai Dari Yang Sederhana -




Ruang Diskusi dan Komentar